Categories
Pendidikan

Indikator dan Prinsip Pengukuran Akuntabilitas, Transparansi dan Partisipasi

Indikator dan Prinsip Pengukuran Akuntabilitas, Transparansi dan Partisipasi

Indikator dan Prinsip Pengukuran Akuntabilitas, Transparansi dan Partisipasi

 

Penyebab Krisis Ekonomi

Krisis ekonomi di Indonesia sebagian disebabkan oleh prosedur tata kelola yang tidak dikelola dan dikelola dengan baik. Akibatnya, berbagai masalah, seperti kolektivitas dan nepotisme (KKN), yang sulit dihilangkan, masalah penegakan hukum, monopoli kegiatan ekonomi, dan buruknya kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Masalah-masalah ini juga menghambat proses pemulihan ekonomi di Indonesia, sehingga meningkatkan jumlah pengangguran, jumlah orang miskin, menurunnya tingkat kesehatan, dan bahkan munculnya konflik di berbagai daerah yang dapat mengancam persatuan dan integritas masyarakat. Republik. dari Indonesia. Bahkan kondisi saat ini menunjukkan kelanjutan implementasi dan perilaku yang bertentangan dengan prinsip-prinsip tata kelola yang baik yang dapat menghambat implementasi agenda reformasi.

 

Tata Kelola Pemerintah

Tata pemerintahan yang baik adalah dasar untuk menciptakan dan menerapkan kebijakan negara yang demokratis di era globalisasi. Fenomena demokrasi ditandai dengan memperkuat kontrol masyarakat atas pemerintah, dan fenomena globalisasi ditandai oleh saling ketergantungan antar negara, terutama dalam pengelolaan sumber daya ekonomi dan kegiatan wirausaha (bisnis).

Dua perkembangan sebelumnya, baik demokratisasi dan globalisasi, membutuhkan redefinisi peran aktor dalam pemerintahan. Pemerintah, yang sebelumnya memiliki kendali pemerintah yang kuat, cepat atau lambat harus pindah dari posisi yang sudah ditetapkan dan mendikte ke posisi sebagai fasilitator. Bisnis dan pemilik modal yang sebelumnya berusaha mengurangi otoritas negara, diyakini menghambat ekspansi kegiatan bisnis, harus mulai menyadari pentingnya peraturan yang melindungi kepentingan publik. Sebaliknya, orang-orang yang sebelumnya terdaftar sebagai penerima harus mulai menyadari posisi mereka sebagai pemangku kepentingan yang harus bertindak sebagai aktor.

 

Harus Dilakukannya Tata Kelola Yang Baik

Untuk alasan ini, tata kelola yang baik harus segera dilakukan untuk menyelesaikan semua masalah yang muncul segera dan untuk menjalankan proses pemulihan ekonomi dengan lancar. Dapat dipahami bahwa untuk mencapai tata kelola yang baik tidak memerlukan sedikit waktu dan juga upaya yang berkelanjutan. Lebih jauh, untuk menumbuhkan rasa kebersamaan untuk tata pemerintahan yang baik, perlu dibuat kesepakatan dan optimisme tinggi dari semua komponen bangsa, termasuk tiga pilar bangsa dan negara, aparatur negara, sektor swasta dan masyarakat sipil.

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya :